E-Sports Indonesia Makin Fokus Dikembangkan

E-Sports Indonesia Makin Fokus Dikembangkan

VIVA   – E-Sports makin digandrungi di Indonesia. Kompetisi E-Sports di Tanah Air pun makin menjamur dan perlu wadah yang lebih fokus buat mengembangkannya.

Badan Servis Umum (BLU) Lembaga Pengelola Derma dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora bakal menyokong pengembangan E-Sports dalam Indonesia. Bentuknya adalah dengan realisasi dukungan terhadap Akademi Motorsport Indonesia dan akan bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“E-Sports memiliki potensi tumbuh dalam bidang olahraga virtual. Saya siap mendukung dan mengembangkan E-Sports, seperti balap mobil lewat simulator, renang, lari, sepeda, atau sepakbola lewat game, ” ujar Besar Divisi Pendanaan dan Pengembangan Daya Olahraga LPDUK Agus Mauro.

Agus mengutarakan, Kemenpora sudah mendukung event olahraga E-Sport Piala Presiden dan beberapa event lainnya. Sehingga, LPDUK serupa siap bekerjasama dengan berbagai bagian untuk menghadirkan event E-Sports, cantik level nasional maupun internasional, selalu mendukung pembinaan atlet-atlet espots nasional agar lebih berprestasi.

Sebenarnya, LPDUK pun sudah merencanakan pembentukan usaha keolahragaan Esport tarikh ini. Namun karena keterbatasan taksiran,   baru bisa direalisasikan tahun depan.  

“Tahun ini, kami fokus menyiapkan pembentukan Akademi Digital Motorsport bersama PP IMI. Akademi ini bisa maka simulasi bagi pembalap-pembalap otomotif, serupa menjadi pusat pelatihan bagi pembalap-pembalap virtual yang dibina oleh PP IMI, ” jelas Agus Mauro.

E-Sports sejatinya memiliki dampak positif untuk seluruh kalangan. Seperti menumbuhkan budaya kompetitif, strategis, dan mengasah kerja sama tim.

“Jadi pembinaan E-Sports harus dilakukan pada konteks yang terstruktur dan berdasarkan pada panduan. Agar, pembinaan berjalan dengan seimbang antara di negeri maya dan dunia nyata. Itu juga bisa mengerti jenjang karir jika ingin menekuninya, ” nyata psikolog anak, Christine Zoey Gray.

Sementara itu, Gary Ongko Putra, CEO Boom E-Sports, menjelaskan E-Sports saat ini telah tumbuh pesat di Indonesia memasukkan negara-negara lain yang sudah bertambah dulu. Juga sudah banyak sponsor. Bahkan Indonesia juga sudah ada juara dunia mobile legend dan jenis E-Sport lain.  

“Sudah jadi industri perdana. Bisa jadi pilihan karir. Pasca atlet juga bisa banyak pilihan karir yang bisa diambil. Mampu jadi coach, pembuat map, tersedia juga yang jadi youtuber & banyak lagi, ” kata Gerry yang juga mantan gammer.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.