Lewis Hamilton Soroti Masalah HAM Jelang F1 GP Bahrain

Lewis Hamilton Soroti Masalah HAM Jelang F1 GP Bahrain

VIVA â€“   Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton bakal melakoni balapan pertama sebagai juara dunia Formula One 2020. Dia tampil di F1 GP Bahrain akhir pekan ini di  Bahrain International Circuit, Sakhir, 27-29 November 2020.

Ini merupakan seri ke-15 balapan musim ini, sekaligus balapan F1 2020 pertama di Asia. Dalam 14 seri sebelumnya, balapan selalu berlangsung di Eropa.

Masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Bahrain menjadi sorotan jelang balapan. 30 anggota parlemen Inggris menyuarakan keprihatinannya mengenai masalah HAM di negara Timur Tengah ini.

Hamilton mengaku sudah menerima surat dari kelompok HAM saat tiba di Bahrain. Masalah ini menjadi perhatian pembalap asal Inggris tersebut.

Baca juga: Jadwal Lengkap F1 GP Bahrain, 27-29 November 2020

“Hal yang sangat penting untuk semua olahraga agar menggunakan platform yang mereka miliki untik menyuarakan perubahan. Masalah HAM di banyak tempat yang kami kunjungi adalah masalah besar,” kata Hamilton pada BBC Sport.

“Kami adalah salah satu dari sedikit olahraga yang pergi ke banyak negara berbeda. Saya yakin olahraga harus berbuat lebih banyak. Kami sudah mengambil langkah yang tepat, tapi kami harus berbuat lebih banyak lagi,” tegasnya.

Bahrain menjadi salah satu tuan rumah F1 yang mendapat sorotan aktivis HAM. Negara lainnya adalah Rusia, China, Azerbaijan, Turki, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

F1 GP Bahrain akan dimulai dengan sesi latihan bebas pertama hari ini, Jumat 27 November 2020 pukul 18.00-19.30 WIB. Lalu dilanjutkan FP2 pukul 22.00-23.30 WIB.
 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.