Pernah Cedera Parah, Atlet Jalan Cepat Tak Asal-asalan Pilih 'Senjata'

Pernah Cedera Parah, Atlet Jalan Cepat Tak Asal-asalan Pilih ‘Senjata’

VIVA   –  Masa pandemi virus corona COVID-19 ini dimanfaatkan sebab atlet jalan cepat, Hendro Yap untuk memperkuat kondisi fisiknya. Hendro Yap merupakan atlet jalan cepat yang berhasil meraih empat bintang emas di SEA Games.  

Meski pandemi COVID-19 belum reda, namun Hendro Yap tetap menggelar latihan seperti lazimnya. Apalagi ia dipercaya untuk menguatkan Indonesia di SEA Games 2021 dan Olympic.  

Akibat pandemi ini beberapa rancangan kejuaraan baik nasional dan universal pun batal diikuti oleh Hendro Yap. Sebut saja, Asian Racewalking Championship (Nomi, Japan), Training Camp Super Nova Project (Australia) dan Racewalking Championship (Belarusia).  

Hendro Yap mengatakan, sejauh ini latihannya tidak terganggu.  

“Terganggu sih tidak. Karena saya membiasakan di Pangalengan, Bandung. Tapi beberapa waktu lalu saya dipercaya masih lagi ke Pelatnas SEA Games dan juga Olympic, karena pelajaran terpusat di Senayan, hal tersebut menurut saya cukup sulit. Dikarenakan protokol kesehatan yang harus dijalankan, ” kata Hendro Yap di acara peluncuran sepatu Asics Gel-Kayano 27 melalui video conference, Selasa, 13 Agustus 2020.  

“Latihan saya di era pandemi COVID-19 ini hanya fokus pada kelemahan otot-otot tertentu dan saya berlatih untuk menguatkannya kembali otot-otot tersebut. Hal ini disebabkan saya memiliki cedera yang belum dioperasi sampai saat ini, ” tambahnya.  

Hendro Yap sebenarnya memiliki cedera yang cukup serius. Tahun 2012 Hendro Yap mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).  

Memiliki pengalaman buruk dengan cedera, Hendro Yap pun tidak ingin salah dalam memilih sepatu. Menurut Hendro Yap, sepatu harus bisa senyaman mungkin buat digunakan agar tidak mudah cedera.  

Atlet Jalan Cepat Indonesia, Hendro Yap. Saat peluncuran sepatu terbaru dari Asi

“Saya memiliki pengalaman dengan berkaitan dengan cedera kaki. Masa berlatih saya bisa menempuh tenggang lebih dari 80-120km per minggu. Untuk itu saya memahami pentingnya pemilihan sepatu olahraga yang baik untuk partner bergerak cepat sehari-hari, ” jelasnya.  

“Pertama kita harus mempertimbangkan prestasi sepatu. Kedua stabilitas dan batalan sepatu. Dan terakhir pilihlah ladam yang memiliki desain fungsional semacam Gel-Kayano 27, ” katanya.  

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.