biografi-atlet-belanda-keturunan-jawa-ranomi-kromowidjojo-1

Profil Atlet Belanda Keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo

VIVA   –  Atlet perenang dibanding Belanda ini sangat menjadikan perhatian publik, Ranomi Kromowidjojo. Ia bertanding dalam Olimpiade 2021 pada 50 meter gaya bebas putri di Olimpiade Tokyo 2020.   Ia merupakan Wanita atlet dari Belanda yang memiliki darah jawa.

Siapakah sosok atlet itu? Berikut biografi atlet Belanda keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo

Profil kecil

Ranomi Kromowidjojo, merupakan atlet renang primadona yang dimiliki Belanda. Dia dilahirkan di Sauwerd, praja kecil di Belanda, pada 20 Agustus 1990, Ranomi mempunyai darah keturunan Jawa dari ayahnya, Rudi Kromowidjojo.

Ayah Rudi Kromowidjojo, Kakek Ranomi merupakan orang Jawa yang memiliki darah Banyumas dan Probolinggo. Ranomi mengetahui silsilah keluarganya, hanya saja belum sudah mengunjungi tanah leluhurnya.

Nama Ranomi Kromowidjojo memang terlihat dari nama belakangnya yang identik dengan penamaan sejak Suku Jawa. Ranomi Kromowidjojo memang asli keturunan Jawa, namun atlet berusia 30 tahun ini merupakan masyarakat Belanda.

Ranomi pernah datang ke negeri air untuk mengisi sebuah acara di Indonesia 2018 lalu. Ia datang buat menceritakan kisah suksesnya dalam bidang olahraga renang. Saat itu, Ranomi mengaku tidak banyak memahami tentang tanah air nenek moyangnya.

Ayah Rudi, aki Ranomi merupakan tenaga buruh kasar perkebunan asal Jawa yang dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda ke Suriname di awal abad.   Rudi yang dilahirkan di Suriname kemudian pindah ke Belanda dan menikah dengan gadis negeri tersebut, Netty Deemter.

Dari pernikahan Rudi dan Netty dikaruniai dua budak yaitu Ranomi Kromowidjojo serta saudara laki-lakinya, Chjanoy Kromowidjojo.

Pernah rendah meningtis

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.